SHARE THIS ARTICLE
Getyimages
Getyimages

Kemajuan bangsa Jepang memang sudah tidak diragukan lagi. Jepang menjadi salah satu negara kiblat dalam hal kesuksesan bisnis industri. Menariknya, keberhasilan tersebut dimiliki oleh negara yang memiliki sumber daya alam yang terbatas. Namun Jepang justru mampu mengubah keterbatasan tersebut menjadi sebuah kekuatan yang justru mendukung kesuksesan negaranya.

Sudah jadi rahasia umum jika rahasia terbaik untuk sukses adalah dengan belajar dari orang atau bangsa yang sudah lebih dulu sukses. Dan inilah 3 sikap orang Jepang yang wajib ditiru jika ingin sukses:

1. Rajin Membaca

Tak sulit untuk menemukan pemandangan orang Jepang yang tengah membaca dimanapun mereka berada. Membaca buku memang merupakan cara terbaik untuk menambah informasi dan pengetahuan yang akan berguna untuk membangun jalan menggapai sukses. Jadi, jika ingin sukses, jangan malas membaca. Jadikan membaca sebagai kebutuhan primer kehidupan kalian.

2. Menerapkan prinsip Kaizen dan Hansei

Prinsip kaizen adalah ongoing and continous improvement, yang bisa diartikan sebagai berkelanjutan dan peningkatan terus menerus. Sementara untuk prinsip hansei adalah never ending correction alias perbaikan tiada henti. Nah kedua prinsip ini sudah menjadi nilai luhur yang mendarah daging dalam kebudayaan dan iklim bisnis Jepang. Tak heran, dengan penerapan kedua prinsip di atas industri Jepang bisa tumbuh sukses dan jaya. Mereka selalu berusaha untuk terus meningkatkan kualitas kehidupannya dan tentunya dibarengi dengan perbaikan yang tidak pernah henti. Sebuah cara kerja yang akan menjadikan sistem hidup menjadi luar biasa super.

3. Menjaga Nilai Budaya

Jepang adalah negara maju yang masih tetap berpegang teguh pada nilai-nilai kearifan lokal mereka. Kalian bisa melihat sendiri, Jepang tetap mampu memendarkan cahaya kearifan lokalnya meski ditengah gegap gempita mereka sebagai sebuah negara maju dengan kekuatan industri yang luar biasa.

Kebiasaan warga Jepang untuk tetap menjaga budayanya patut ditiru. Lihatlah berbagai budaya khas Jepang yang selalu eksis sampai sekarang, seperti budaya minum teh, dan banyak lagi. Seandainya saja bangsa Indonesia tetap memegang teguh nilai dan budaya luruh yang ada maka pasti bangsa ini bisa sukses seperti yang dialami oleh bangsa Jepang.

Sudah siap untuk mengikuti sikap sukses ala orang Jepang?

Source : blogmotivasi
COMMENT