SHARE THIS ARTICLE

Jika saat ini produsen smartphone raksasa Samsung kembangkan layar AMOLED untuk semua gadget-nya, tidak demikian dengan 3 perusahaan elektronik raksasa asal Jepang. Mereka memilih untuk kembangkan jenis layar LCD tipe baru.

3-perusahaan-raksasa-jepang-kembangkan-layar-tablet-whitemagic

WhiteMagic“, itulah nama layar yang tengah dikembangkan oleh Sony, Toshiba, dan Hitachi lewat perusahaan Japan Display. Layar ini dibuat khusus untuk perangkat tablet karena memang diklaim lebih baik untuk perangkat dengan layar lebar.

Layar WhiteMagic yang tengah dikembangkan masih dalam ukuran 7 inci dengan resolusi 2560×1600 piksel. Tingkat kerapatan pikselnya pun terbilang tinggi untuk kelas layar tablet, yakni 431 ppi. Layar ini kelak juga bisa dilihat dengan jelas hingga kemiringan 160 derajat.

Keunggulan lainnya terlihat ketika WhiteMagic dihadapkan dengan matahari. Layar ini dapat terlihat lebih jelas saat digunakan di luar ruangan, hingga 2 kali lebih terang. Konsumsi baterai pun bisa berkurang hingga 20 persen saat digunakan di dalam ruangan.

Seperti yang dilansir oleh Liliputing (29/5), rahasia dibalik keunggulan-keunggulan tersebut adalah layarnya yang berbasis kan ‘RGBW’ (Red, Green, Blue, dan White). Pada LCD di pasaran memang hanya menggunakan komposisi RGB atau merah, hijau, dan biru, tapi WhiteMagic menambahkan White atau warna putih sebagai subpiksel dari layar tersebut.

Sebenarnya layar LCD ini adalah pengembangan dari teknologi serupa yang pernah dipakai di layar 4 inci smartphone Sony Xperia P, 2012 kemarin. Meskipun belum pasti kapan layar ini akan dipasang pada tablet, WhiteMagic akan dipamerkan di acara SID Display Week tanggal 1 Juni nanti di California, AS, JDisplay (29/5).

Source : merdeka.com
COMMENT