14 Fakta Aneh Seputar Hari Valentine di Jepang


Hari Valentine di Jepang

Hari Valentine mungkin tidak berarti apa-apa di Indonesia. Namun berbeda halnya dengan negara kita, Jepang sangat menantikan hari seperti ini, sama seperti hari Halloween, Natal, atau hari-hari besar lainnya yang memang dirayakan juga di sana. Mengapa demikian? Karena hari besar seperti ini berpeluang bisnis bagi para pengusaha di Jepang seperti rumah makan, tempat perbelanjaan, dan terutama adalah perusahaan cokelat. Berhubung hari Valentine jatuh pada tanggal 14 Februari, berikut ini adalah 14 fakta aneh dan menarik seputar hari Valentine di Jepang.

  1. Hari Valentine di Jepang dikenal sebagai hari di mana wanita memberikan coklat kepada pria dan tidak sebaliknya.
  2. Menurut isu yang beredar, “Wanita harus memberikan coklat kepada pria di hari Valentine”, adalah sebuah slogan yang mulai dipublikasikan secara nasional oleh iklan perusahaan cokelat di Jepang, yang katanya adalah kesalahan terjemahan secara tidak disengaja.
  3. Versi lain dari isu itu mengatakan bahwa iklan perusahaan itu sengaja dibuat salah oleh seorang penanggung jawab iklan, agar dia tidak diminta cokelat yang berlebihan oleh istrinya yang galak.
  4. Cokelat yang diberikan memiliki perbedaan, pria kolega atau teman mendapatkan giri-choco (coklat wajib) atau cokelat tanpa ada perasaan suka, dan ada juga cokelat yang diberikan kepada pria yang sama sekali tidak disukai, disebut chou-giri-choco (cokelat super wajib).
  5. Cokelat yang dibeli atau dibuat spesial dengan tangan sendiri oleh wanita untuk orang yang dicintai disebut honmei-choco, biasanya berharga mahal dan ditujukkan untuk pacar atau suami.
  6. Giri-choco juga ada yang diberikan oleh wanita kepada wanita lagi yang disebut tomo-choco (cokelat teman).
  7. Sama halnya dengan hari-hari besar seperti hari Halloween, Natal, dan kemerdekaan, banyak barang yang on-sale pada hari Valentine ini dan merupakan hari terbaik untuk membeli cokelat.
  8. White Day pada tanggal 14 Maret adalah hari di mana pria di Jepang harus membalas hadiah 3 kali lebih besar dari cokelat yang diberikan sebelumnya atau disebut sanbaigaeshi.
  9. Hal di atas mungkin telah direncanakan oleh perusahaan cokelat penyebar iklan tersebut.
  10. Bukan hanya sebatas cokelat yang bisa diberikan pada hari ini, namun termasuk, marshmallow, kue chifon, coklat putih, bahkan pakaian putih diperbolehkan untuk diberi kepada pria pada hari ini.
  11. Hari ini lebih dikenal sebagai hari natalnya orang Jepang oleh orang barat karena berbagai macam aturan yang ada.
  12. Hari ini adalah hari spesial karena menjadi satu-satunya hari di mana tempat observasi di Menara Tokyo dibuka untuk umum dan banyak pasangan yang pergi ke sana.
  13. Orang Jepang memiliki kepercayaan, apabila pasangan yang melihat padamnya cahaya Menara Tokyo saat tengah malam akan langgeng selamanya. Menara Tokyo sendiri memadamkan cahayanya tengah malam hingga jam 1 pagi waktu setempat.
  14. Tahun 2015 yang lalu, sebuah grup terbentuk dan menyebut diri mereka Kakuhido (Aliansi Revolusioner Gabungan Pria yang Dianggap Tidak Menarik oleh Wanita) berkampanye dan berdemo di Shibuya, menganggap bahwa ada konspirasi pada hari Valentine yang didorong oleh kaum kapitalis cokelat.

Begitulah 14 fakta aneh dan menarik yang ada pada hari Valentine di Jepang. Unik bukan? Bagaimana menurut kalian?

Source : travelog.me

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Ii Ne Ii Ne
0
Ii Ne
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

14 Fakta Aneh Seputar Hari Valentine di Jepang

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini