SHARE THIS ARTICLE

Sebelum ini, Japanese Station pernah membahas mengenai 10 tips berhemat saat liburan di Jepang, dan baru membahas sampai tips ke-5 saja. Tentunya banyak yang penasaran kan dengan lanjutannya? Nah, berikut ini adalah lanjutan tips berhemat saat liburan di Jepang:

BELILAH MAKANAN SIAP-MAKAN

(image: shizuoka-life.blogspot.co.id)

Makanan siap-makan di supermarket dan sebagainya, selain enak dan segar, juga praktis. Orang Jepang sangat suka berpiknik dan banyak tempat yang indah untuk berpiknik di Jepang, terutama di Kyoto dan kota-kota yang lebih kecil. Selain itu, vending machine juga seringkali menjual makanan yang enak dengan harga yang murah, Namun, penting untuk diingat bahwa orang Jepang tidak biasa makan sambil jalan.

MAKANLAH LEBIH AWAL

(image: tabelog.com)

Seperti di banyak tempat lain, di Jepang pun, makanan yang sama di restoran yang sama, akan dihargai lebih mahal saat makan malam dibanding makan siang. Makan dengan porsi besar di siang hari dan makan hanya sedikit di malam hari, selain baik untuk tubuh (karena badan kalian akan lebih memerlukan energi untuk berjalan-jalan setelah makan siang dibanding untuk tidur di malam hari), baik juga untuk dompet kalian.

TINGGALLAH DI GUESTHOUSE

(image: futvision.com)

Bagi sebagian orang, berbagi tempat tidur adalah suatu hal yang sangat dihindari, namun, seperti halnya dengan hal-hal lain, orang Jepang telah meningkatkan asrama ke level bagaikan seni. Jika di banyak tempat lain, asrama mungkin sempit dan sangat ketat, banyak shared hostel di Jepang yang selain indah, juga nyaman, yang dibuat di bangunan tua yang telah direnovasi, atau bahkan kuil tua. Dengan harga di kisaran 20-560 dolar Amerika, penginapan jenis ini akan menyediakan pengalaman yang lebih special. Guesthouse seperti ini, atau yang di Jepang juga dikenal sebagai gaijin house, ada di seluruh Jepang, dan akan memberikan kalian kesempatan untuk bertemu dengan berbagai orang menarik.

SEWALAH SEPEDA

(image: surviblog.com)

Transportasi umum di Jepang, misalnya taksinya, sangat bagus. Meski demikian, naik taksi adalah pilihan yang bisa dengan mudah melubangi dompet kalian. Berkendara satu kilometer saja di Tokyo bisa lebih mahal dari 1000 yen. Untuk bersenang-senang, sekali-kali cobalah menyewa sepeda, yang di beberapa tempat, dihargai lebih murah daripada menaiki taksi sejauh 1 kilometer.

KELUARLAH DARI KOTA-KOTA BESAR

(image: pref.nara.jp)

Seperti halnya Amerika bukan hanya New York saja, dan Perancis bukan hanya Paris saja, Tokyo, Kyoto dan Osaka hanyalah pintu gerbang perjalanan di Jepang, dan berjalan-jalan ke kota-kota lain akan lebih murah dibandingkan kota-kota besar yang mahal. Kota seperti Nara, Kanazawa, dan Hiroshima menawarkan banyak kuil yang indah, restoran, dan lain-lain, yang seringkali lebih murah.

TIPS BONUS: BUATLAH TEMAN BARU SEBANYAKNYA

Penduduk setempat, termasuk juga orang asing (terutama jika mereka pelajar) di tempat tersebut, tentunya tahu di mana saja penginapan, restoran, atau supermarket termurah. Ambillah kesempatan tersebut dengan berkenalan sebanyak mungkin dengan mereka, yang akan dengan senang hati berbagi trik-trik jitu untuk berhemat!

Sekian 10 (plus 1) tips untuk berhemat saat liburan di Jepang yang bisa kami share saat ini. Adakah di antara kalian yang pernah menggunakan tips-tips tersebut? Atau adakah di antara kalian yang punya tips-tips yang tidak kalah jitu untuk berhemat saat liburan di Jepang?

(Featured image: japanology.org)

Source : japanology.org
COMMENT