SHARE THIS ARTICLE
10 Faktor Kenapa Jepang Menjadi Negara yang Aman (1)
image: womensviewsonnews.org

Kita semua tahu bahwa Jepang merupakan salah satu negara yang paling aman. Satu hal yang membuat kenapa Jepang lebih baik daripada negara lain yaitu Jepang lebih menempatkan fokus yang kuat pada pencegahan kejahatan dan keselamatan warganya menjadi suatu hal yang terpenting.

10 Faktor Kenapa Jepang Menjadi Negara yang Aman (2)
image: Flickr (Toshihiro Ohimatsu)

Seperti dikutip dari japantoday.com, berikut adalah beberapa faktor yang membuat Jepang menjadi aman dan bebas dari bahaya:

1. Letak mesin ATM di Jepang berada di dalam sebuah bangunan atau di tempat yang selalu ramai sehingga memperkecil terjadinya tindak kejahatan.

2. Toko-toko atau kedai-kedai yang ada di Jepang biasanya dijaga lebih dari dua orang sehingga penjagaan toko dapat lebih waspada dan terkesan ramai.

3. Para petugas parkir di Jepang selain bertugas menjaga kendaraan yang diparkir, mereka juga turut mengamankan wilayah di sekitarnya.

4. Penjaga keamanan yang selalu bertindak cepat dalam menanggapi laporan dari setiap warga yang membutuhkan.

5. Tidak memperbolehkan warga sipil memiliki senjata api.

6. Memberikan sanksi tegas terhadap para pengemudi yang mabuk dan menyediakan layanan penyewaan Driver untuk mengantarkan pemilik kendaraan yang mabuk.

7. Para warga Jepang sangat membenci tentang hal yang berkaitan dengan narkotika atau obat-obatan terlarang sehingga sangat jarang terdapat kasus tentang narkotika di sana.

8. Banyaknya pos-pos kecil penjaga keamanan baik di sekitar jalan raya sampai di sekitar wilayah pemukiman.

9. Tempat-tempat usaha biasanya berada di kawasan yang ramai sehingga menghambat para perilaku kriminal untuk beraksi.

10. Membatasi para imigran yang datang yang bertujuan menjaga agar kebudayaan asli Jepang asing tidak tersingkirkan karena masuknya budaya asing.

(Triaji Cahya)

Source : japantoday.com
COMMENT