SHARE THIS ARTICLE
10 Fakta Menarik Tentang Chrono Trigger 1
image: ign.com

Kesuksesan Chrono Trigger yang telah mendunia tidak lepas dari totalitas tim impian yang ada di belakangnya. Game yang rilis pertama kali di Jepang pada tahun 1995 oleh Square Enix ini memiliki nama-nama hebat seperti Hironobu Sakaguchi, Yuji Horii, Akira Toriyama, Masako Kato, Yasunori Mitsuda dan Nobuo Uematsu yang saling mencurahkan ide dan hati mereka saat penggarapannya. Tidak mengherankan bila penggemar JRPG menjuluki Chrono Trigger sebagai game terbaik JRPG sepanjang masa yang pernah dibuat hingga dua dasawarsa ini. Tetapi tahukah kalian bila banyak sekali hal-hal menarik yang terjadi selama penggarapannya? berikut adalah 10 fakta menarik tentang Chrono Trigger yang berhasil dirangkum oleh jpninfo.com di bawah ini:

10. Game ini Lahir Karena Kunjungan ke Amerika

Kreator seri Final Fantasy, Hironobu Sakaguchi bepergian ke Amerika dengan kreator seri Dragon Quest, Yuji Hoiri dan mangaka Dragon Ball, Akira Toriyama untuk melakukan penelitian tentang desain game di sana. Saat bepergian mereka dibuat terkejut dengan banyak hal yang mereka lihat dan terbersit keinginan menciptakan hal baru. Baik Final Fantasy atau Dragon Quest memang sudah sukses luar biasa namun mereka ingin mengambil yang terbaik dari game tersebut dan dikombinasikan dengan gaya dan mekanika gameplay menarik. Di situlah janin Chrono Trigger terbentuk.

9. Desain Game yang Terinspirasi oleh Film Alien

image: kotaku.com
image: kotaku.com

Yasuhika Kamata adalah pria yang bertanggung jawab terhadap grafis dan cahaya untuk game ini, ingin mencari sesuatu hal yang berbeda dengan yang biasa dibuat oleh studio selama ini. Inspirasinya datang dari film Alien sutradara Ridley Scott yang dipandangnya luar biasa dalam hal desain cahaya di mana terang dan gelap dapat digunakan untuk bercerita. Oleh karena itu Chrono Trigger terasa sangat hidup berkat permainan cahaya tersebut.

8. Game Pertama Yang Memiliki Beragam Ending

Para pembuat ingin Chrono Trigger bisa dimainkan ulang. Jadi mereka membuat hal yang tidak biasa dengan menyiapkan 9 ending yang berbeda! Pilihan kalian akan menentukan ending yang kalian terima. Inilah yang benar-benar pertama ada di dunia dan formula ini yang kemudian ditiru oleh banyak game setelahnya.

7. Game pertama yang Memiliki New Game Plus Mode

Ini juga fitur pertama yang dihadirkan dalam dunia game oleh Chrono Trigger. Saat kalian memainkan ulang, semua senjata, skill dan pengalaman masih berada di tingkat yang sama saat kalian menyelesaikan game. Jadi musuh akan semakin bertambah sulit bila kalian ingin mendapatkan ending yang langka. Sekarang New Game Plus sudah menjadi standar bagi game modern.

6. Translasi Inggris yang Dikerjakan 30 Hari

Karena terlambat setahun daripada yang direncanakan, mereka hanya memiliki sedikit waktu untuk perilisan internasional setelah 11 Maret 1995. Hironobu Sakaguchi langsung meminta Ted Woolsley untuk melakukan alih bahasa. Pria Amerika yang sudah melakukan translasi pada Final Fantasy IV inipun diberikan waktu 30 hari untuk memenuhi jadwal rilis. Ted pun bekerja di bawah tekanan karena banyak sekali skenario yang harus dikerjakan tetapi terlepas dari semua masalah tersebut, ini adalah salah satu translasi terbaik yang pernah dia kerjakan.

5. Nintendo of America Memotong Konten

Karena standar ketat, konten Chrono Trigger di Amerika menjadi sedikit berbeda. Contoh saja adegan kontes minum dan upacara keagamaan tokoh-tokoh jahat yang dipotong oleh Nintendo of America. Inilah hal yang membuat kecewa Ted saat melihat hasil final versi Inggris.

4. Musical Score yang Membuat Penciptanya Kewalahan

Yasunori Mitsuda yang selalu bekerja di bawah Nobuo Uematsu akhirnya diberi kepercayaan saat Chrono Trigger rilis. Uematsu membiarkannya mengisi suara untuk keseluruhan game sendiri. Dengan sepenuh hati Mitsuda membuat 3 CD penuh dengan setiap track berdurasi 3 menit yang sangat langka di zamannya. Mitsuda bekerja sangat keras sampai dia menderita maag parah dan harus istirahat. Uematsu pun akhirnya terlibat dan menyelesaikan beberapa track terakhir.

3. Ada Berbagai Macam Remake Fans

10 Fakta Menarik Tentang Chrono Trigger 3
image: opcoder.com

Game ini banyak sekali mengundang minat fans untuk membuat remake dalam bentuk lain. Setidaknya sudah ada 2 percobaan oleh fans yang membuatnya dalam bentuk 3D. Sayangnya kedua proyek tersebut dihajar oleh Square dengan beragam tuduhan hingga ditinggalkan.

2. Memiliki Sekuel Visual Novel

Dulu ada proyek Radical Dreamers yang dirilis pada 1996 untuk Stellaview. Namun ini bukan sekuel melainkan lebih mengarah ke jalan cerita lain. Tokoh utama adalah Surge yang ditemani oleh Kid dan seorang pesulap misterius. Masato Kato yang menulis dan mengarahkan tidak puas sehingga Radical Dreamers tidak dirilis di luar Jepang. tetapi itulah nanti yang akan menginspirasi game baru Chrono Cross.

1. Sempat Direncanakan Instalasi ke-3

10 Fakta Menarik Tentang Chrono Trigger 4
Di tahun 2001, Square melepas sebuah rumor dan spekulasi tentang Chrono Break. Banyak yang berasumsi bila ini akan menjadi seri ketiga dan mereka menunggunya. Sayangnya tidak ada pemberitaan lebih lanjut setelahnya dan hak cipta pun hangus di tahun 2012.

Apa kalian pernah memainkan game ini? Apa hal yang paling menarik dari Chrono Trigger menurut kalian?

Source : jpninfo.com
COMMENT